Susun Naskah Akademik Raperda Retribusi Limbah Cair

0
235
Pimpinan dan anggota Komisi D DPRD Tulungagung saat menyusun NA Raperda tentang Retribusi Limbah Cair bersama tim pakar dari FH UB, Rabu (6/9).

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi D DPRD Tulungagung tengah menyusun naskah akademik (NA) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Retribusi Limbah Cair. Pembuatan NA ini dilakukan bersama tim pakar dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rabu (6/9).

Anggota Komisi D DPRD Tulungagung, Suprapto SPt MMA, mengatakan pembuatan Raperda tentang Retribusi Limbah Cair yang diinisiasi Komis D DPRD Tulungagung membutuhkan penyusunan NA dan legal drafting raperda. “Karenanya, kami perlu mengadakan penelaahan ilmiah yang dilaksanakan di FH UB,” ujarnya.

Selanjutnya Suprapto mengungkapkan, Raperda tentang Retribusi Limbah Cair berlandaskan dasar hukum dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam UU tersebut disebutkan tentang kewenangan terkait pengelolaan limbah cair.

“ Sesuai kewenangan pengelolaan limbah cair skala kabupaten, dalam rangka pengawasan dan pembinaan maka badan swasta yang mengelola limbah cair diwajibkan ada izin dari bupati,” paparnya.

Selain itu, menurut Suprapto yang akrab disapa dengan sebutan Buyung ini, dalam rangka pengelolaan limbah cair tersebut dikenakan retribusi oleh pemerintah daerah. “Hal-hal inilah yang kami bahas bersama tim pakar dari FH UB,” terangnya.

Semua pimpinan dan anggota Komisi D DPRD Tulungagung hadir dalam penyusunan NA Raperda tentang Retribusi Limbah Cair. Termasuk Ketua Komisi D DPRD Tulungagung, H Saiful Anwar SH.

TINGGALKAN PESAN