Tak Masalah Beli Mobil Damkar Baru

0
254
Mobil Damkar Pemkab Tulungagung tidak berfungsi maksimal memadamkan api di lantai tiga saat terjadi kebakaran hebat di pertokoan kawasan Pasar Wage, Kamis (10/8) pagi.

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi A DPRD Tulungagung tidak mempermasalahkan jika Pemkab Tulungagung bakal mengusulkan pembelian mobil pemadaman kebakaran (damkar) baru yang lebih representatif dalam APBD Tulungagung tahun 2018 mendatang.

Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, Kamis (10/8), mengungkapkan jika pembelian mobil damkar baru dibutuhkan silakan saja Pemkab Tulungagung mengusulkan untuk pembeliannya. “Kalau memang perlu untuk masyarakat kenapa tidak,” ujarnya.

Mashud memahami keinginan untuk membeli mobil damkar yang baru. Mobil damkar yang dipunyai Pemkab Tulungagung saat ini belum memadai untuk memadamkan kobaran api di gedung-gedung berlantai tinggi. Seperti yang terjadi saat kebakaran hebat melanda pertokoan di kawasan Pasar Wage Kota Tulungagung, Kamis (10/8) pagi.

“Kami memahami itu. Apalagi pemadam kebakaran tupoksinya perlindungan pada masyarakat juga,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, prihatin dengan belum memadainya peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki Pemkab Tulungagung. Ia berjanji akan berusaha merealisasi pembelian mobil pemadam kebakaran dengan fasilitas crane (bertangga atau berpengangkat) tinggi.

“Sudah waktunya Tulungagung mempunyai mobil pemadam kebakaran yang ber-crane tinggi. Nanti pada tahun 2018 akan kami anggarkan di APBD Tulungagung 2018,” katanya.

Diakui Maryoto, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Tulungagung sudah tidak memadai untuk melakukan aktifitas pemadaman api di gedung-gedung yang berlantai tiga keatas. Terlebih, saat ini di Kota Tulungagung sudah mulai banyak tumbuh gedung bertingkat yang berlantai lebih dari tiga lantai.

TINGGALKAN PESAN