Persetujuan Raperda Inisiatif Komisi Jadi Inisiatif DPRD

0
357
Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim, memimpin rapat paripurna intern DPRD Tulungagung, Selasa (25/7).

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung kembali menggelar rapat paripurna, Selasa (25/7). Kali ini rapat paripurna intern dengan agenda Penjelasan Raperda Inisiatif Komisi serta Persetujuan Raperda Inisiatif Komisi Menjadi Raperda Inisiatif DPRD.

Rapat paripurna yang dihadiri hampir seluruh anggota DPRD Tulungagung ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim MH.

Saat pengambilan keputusan, semua anggota dewan yang hadir menyetujui lima raperda inisiatif komisi ditetapkan menjadi raperda inisiatif DPRD dan bakal dibahas pada masa sidang III tahun sidang III periode Mei sampai dengan Agustus 2017.

Adapun lima raperda tersebut masing-masing adalah Raperda tentang Pengelolaan Badan Permusyawaratan Desa, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 18 Tahun 2012 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 17 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan, Raperda tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, serta Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Sebelumnya, juru bicara dari Komisi D, Komisi C, Komisi B dan Komisi A DPRD Tulungagung menjelaskan terkait raperda yang menjadi inisiatif mereka. Penjelasan dari Komisi D yang menginisiasi Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dilakukan oleh Suprapto SPt MMA. Dari Komisi C yang menginisiasi dua raperda yakni Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 17 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan, Raperda tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan dilakukan oleh Drs Subani Sirab.

Sedang dari Komisi B yang menginisiasi Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 18 Tahun 2012 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan penjelasannya disampaikan oleh Faruuq Tri Fauzi MPdI. Sementara dari Komisi A yang menginisiasi Raperda tentang Pengelolaan Badan Permusyawaratan Desa disampaikan oleh H Nurhamim SAg.

TINGGALKAN PESAN