Segera Buat Raperda Permukiman Kumuh

0
227
Suprapto.

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi D DPRD Tulungagung bakal menginisiasi pembuatan rancangan peraturan daerah (raperda) baru. Raperda tersebut adalah Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh.

Anggota Komisi D DPRD Tulungagung, Suprapto SPt MMA, di Kantor DPRD Tulungagung, Senin (29/5), mengungkapkan sedang memproses pembuatan raperda baru yang berhubungan dengan permukiman kumuh. “Kami sudah melakukan studi banding di Yogyakarta baru-baru ini. Hasilnya, memang diperlukan perda untuk menata kawasan kumuh di Tulungagung,” ujarnya.

Selain itu, lanjut politisi yang lekat dengan sapaan Buyung ini, pembuatan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh untuk menyadarkan masyakarat. “Orientasinya agar masyakarat sadar tidak hidup kumuh lagi. Ini perlu perubahan, semisal dulu rumahnya membelakangi sungai yang ada dibelakang rumah, nanti dirubah rumahnya menghadap sungai,” paparnya.

Ada beberapa aspek yang akan menjadi dasar dalam raperda terkait permukiman kumuh ini. Seperti tata bangunan gedung dan prasarana sarana umum.

Suprapto menyebut di permukiman kumuh biasanya tata bangunan gedungnya tidak sesuai dengan ketentuan tata ruang. Selain juga tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Sementara untuk prasarana sarana umum yang meliputi akses air minum, drainase, pengolahan sampah, proteksi kebakaran dan air limbah juga demikian. Di permukiman kumuh akses air minum tidak tersedia, jaringan jalan tidak tersambung ke seluruh perumahan, tidak terhubung drainase, sistem prasarana sarana pengelolaan sampah dan juga limbah tidak sesuai persyaratan teknis. “Tidak ada pula proteksi kebakaran,” terangnya.

Rencananya, Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh akan dibahas bersama eksekutif dalam masa sidang dewan pada periode Mei sampai Agustus 2017.

TINGGALKAN PESAN