Buat Naskah Akademik Raperda Pengelolaan Air Limbah

0
487
Suprapto yang duduk berdampingan dengan anggota Komisi D DPRD Tulungagung lainnya, Gunarto ST MM, sedang menyimak penjelasan dari tim pakar Fakultas Hukum UB, Rabu (5/10).

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi D DPRD Tulungagung kembali berinisiatif membuat Peraturan Daerah (Perda) baru. Saat ini mereka tengah membuat Naskah Akademik (NA) terkait pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengelolaan Air Limbah.

Pembuatan NA Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah ini dilakukan bersama tim pakar dari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang, mulai Selasa (9/5) sampai dengan Rabu (10/5).

Anggota Komisi D DPRD Tulungagung, Suprapto SPt MMA, Rabu (10/5), mengatakan permasalan limbah saat ini sudah harus diantisipasi dengan regulasi. Terlebih permasalahan kebutuhan air bersih semakin mendesak. “Salah satu regulasinya dengan pembuatan Perda,” ujarnya.

Menurut dia, dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan semakin beranekaragamnya kegiatan warga, membuat produksi limbah yang diakibatkan kegiatan tersebut juga bertambah. Utamanya, limbah cair.

“Dari persoalan-persoalan itu timbul inisiatif dari kami untuk membuat aturan di Perda. Apalagi limbah tinja sekarang sudah pula muncul menjadi permasalahan,” paparnya.

Komisi D DPRD Tulungagung, tandas Suprapto, berharap dengan adanya aturan pengelolaan air limbah di Perda akan membuat target Tulungagung mencapai target 100 persen air bersih pada tahun 2019 mendatang tercapai. “Ini yang mendasari kami dari Komisi D DPRD Tulungagung menginisisi pembuatan Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah,” tuturnya.

Selanjutnya, politisi asal PDI Perjuangan ini membeberkan selain membuat NA, dalam pembuatan Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah, para pimpinan dan anggota Komisi D DPRD Tulungagung juga membuat legal drafting terkait pembuatan Raperda tersebut.

TINGGALKAN PESAN