Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Malang

0
309
Agus Budiarto memberikan cinderamata pada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Siadi, di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Senin (27/3).

DPRD TULUNGAGUNG – Bertempat di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, pimpinan dan anggota Komisi C menerima kedatangan anggota DPRD Kabupaten Malang, Senin (27/3). Kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Malang ini untuk mengetahui optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) pedesaan dan perkotaan

Hampir seluruh pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Tulungagung hadir di acara ini. Termasuk Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Agus Budiarto SE Ak dan Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Drs Subani Sirab.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Siadi SH, mengungkapkan anggota DPRD Kabupaten Malang yang berkunjung ke Kantor DPRD Tulungagung terdiri dari pimpinan dan anggota Komisi C serta pimpinan dan anggota Komisi D. “Tujuan kedatangan kami untuk mengetahui pengoptimalan penerimaan PBB baik pedesaan atau perkotaan di Tulungagung. Di Kabupaten Malang, 80 persen potensi penerimaan PBB-nya berasal daerah pedesaan,” katanya.

Selain itu, Siadi, juga membeberkan jika PAD Kabupaten Malang sudah mencapai Rp 426 miliar. Dimana antara 60 persen sampai 70 persennya berasal dari sektor pajak.

Anggota Komisi C DPRD Tulungagung, Heru Santoso MPd, menanggapi pertanyaan Siadi mengatakan jika PAD Kabupaten Tulungagung masih belum terlalu tinggi. Baru 10 persen dari kekuatan APBD Tulungagung yang mencapai Rp 2,4 triliun.

“Tahun 2016 kemarin untuk PBB dapat meraup dana sebesar Rp 24,5 miliar dan untuk BPHTB-nya Rp 7,4 miliar. Dalam tahun 2017 ini besaran PBB sudah ditarget Rp 25 miliar,” paparnya.

Sementara itu, Adi Prasetya, Kabid pada Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang juga hadir dalam penerimaan kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Malang, menerangkan ada beberapa program yang telah dilakukan Pemkab Tulungagung dalam upaya mendongkrak penerimaan PBB. Di antaranya, dengan penyesuaian daftar biaya komponen dan reward pemberian sepeda motor untuk pembayar PBB yang membayar sebelum jatuh tempo.

 

TINGGALKAN PESAN