Honor Guru Sukarelawan Bisa Melalui BOS

377
5766
H Mashud.

DPRD TULUNGAGUNG – Pemberian honor bagi tenaga guru sukarelawan bisa diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Besarannya 15 persen dari dana BOS yang diterima masing-masing sekolah.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, Jumat (10/3). “Pemberian honor melalui dana BOS ini akan membuat honor tenaga guru sukarelawan tidak terlalu minim,” ujarnya.

Ia mencontohkan jika dana BOS di satu sekolah dalam setahun besarannya mencapai Rp 200 juta, maka alokasi untuk honor guru sukarelawan menjadi Rp 30 juta. “Tinggal dibagi uang Rp 30 juta itu pada guru sukarelawan yang ada di sekolah tersebut. Kalau hanya ada dua guru sukarelawan, tentu masing-masing mendapat Rp 1,25 juta per bulan,” paparnya.

Diakui Mashud, pemberian honor dari dana BOS tersebut tentu tidak akan menyamaratakan honor yang diterima setiap tenaga guru sukarelawan. Hal ini terjadi karena besaran jumlah dana BOS yang diterima sekolah berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, disamping juga di setiap sekolah jumlah guru sukarelawannya juga berbeda.

Sejauh ini, lanjut dia, DPRD Tulungagung dan Pemkab Tulungagung terus berusaha mencari payung hukum agar para tenaga guru sukarelawan di Kabupaten Tulungagung dapat diberi honor dari dana APBD Kabupaten. “Tetapi sampai kini belum kami temukan payung hukumnya. Biar semua aman. Kami yang memberi aman, begitupun yang menerima aman,” paparnya.

Politisi asal PKB ini menyebut pemberian honor yang merata dan layak bagi tenaga guru sukarelawan memang pelik. Sampai sekarang belum ada payung hukum yang bisa membuat Pemkab Tulungagung dapat merealisasikannya.

“Untuk sementara menggunakan BOS itu dulu disamping kami terus mencari payung hukumnya. Atau juga bisa dilakukan dengan prinsip kebersamaan di antara guru dalam satu sekolah, dimana guru-guru PNS yang sudah menerima tunjangan sertifikasi membantu secara sukarela pada guru-guru sukarelawan. Kalau ini yang terjadi patut dipuji dan kami dengar sudah dilakukan sebagain guru PNS,” paparnya lagi.

377 COMMENTS

  1. It’s really a cool and helpful piece of information. I’m happy that you shared
    this helpful information with us. Please keep us informed like this.
    Thanks for sharing.

  2. Howdy, I do think your web site could possibly be having web browser compatibility issues.

    Whenever I take a look at your site in Safari, it looks fine however,
    when opening in IE, it’s got some overlapping issues.
    I simply wanted to provide you with a quick heads
    up! Other than that, wonderful blog!

  3. drug rehab centers massachusetts jersey rehab in belleville nj addicted to rehab center for rehabilitation pittsfield ma rhode island rehab institute

TINGGALKAN PESAN